Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menerima Vaksin Covid-19

Detak Terkini
Kamis, 14 Januari 2021, 21.37 WIB

 

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Ilustrasi vaksin Covid-19


Jakarta, Detakterkini.com - Dalam upaya menghentikan penyebaran covid-19, Pemerintah Indonesia telah mendatangkan vaksin covid-19 dari China, bernama Sinovac.

Vaksin yang sudah tiba di Tanah Air dan telah melewati uji klinis tahap III di Bandung itu, memiliki beberapa ketentuan dalam penggunaannya.

Penerima vaksin tersebut harus memenuhi beberapa kriteria khusus seperti, orang dewasa sehat berusia 18-59 tahun, dan tidak diperuntukkan bagi anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Ahli Aergi dan Imunologi, Iris Rengganis.

“Pada vaksin yang saat ini sedang diuji, tidak boleh untuk anak-anak, karena belum ada penelitian pada anak-anak,” ujarnya.

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Nomor HK.02.02/4/4/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, ada beberapa syarat yang diberlakukan seperti, tidak diperuntukkan bagi yang pernah terpapar covid-19.

Selain itu, saat penyuntikan vaksin, suhu tubuh penerima harus di bawah 37,5°C. Jika lebih dari itu, pasien dinilai sedang demam dan pemberian vaksin harus ditunda. Penundaan dilakukan hingga pasien sembuh dan terbukti tidak menderita covid-19.

Penerimaan pun harus memiliki tekanan darah di bawah 140/90 mmHg. Jika dalam kondisi hamil, menyusui, mengidap gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, rematik, sakit saluran pencernaan kronis, maka vaksinasi tidak dapat diberikan.

Vaksin tersebut juga tidak berlaku bagi penderita diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5%, memiliki penyakit paru seperti asma dan TBC. Pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis.

Selain itu, vaksin covid-19 juga tidak dapat diberikan bagi pengidap HIV. Jika mereka yang memiliki HIV dengan angka CD4 <200 atau tidak diketahui, maka vaksinasi tidak dapat diberikan.

Komentar

Tampilkan

  • Beberapa Hal Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menerima Vaksin Covid-19
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed