Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Listyo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Detak Terkini
Kamis, 14 Januari 2021, 09.19 WIB

 

Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ist)

Jakarta, Detakterkini.com - Teka-teki Calon Kapolri baru yang dipilih Presiden Jokowi, akhirnya terjawab.


Nama Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo, semakin menguat sebagai Calon Kapolri, setelah diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai Calon Tunggal Kapolri ke DPR.


“Bapak Presiden menyampaikan, usulan Pejabat Kapolri dengan nama tunggal yaitu,  Drs. Listyo Sigit Prabowo, yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Ketua DPR, Puan Maharani, dalam Konferensi Pers.


Puan Maharani mengatakan, DPR telah menerima Surat Presiden (Surpres), terkait nama Calon Kapolri yang akan menggantikan, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis, yang akan pensiun pada 1 Februari 2021.


Surpres itu dikirim oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, kepada DPR, pada Rabu (13/1/2020) siang.


“Surpres telah kami terima dari Bapak Presiden,” ujarnya.


Terhitung 20 hari, DPR akan memproses nama Calon Kapolri dalam bentuk persetujuan atas Calon Tunggal Kapolri tersebut. 


Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menjadi satu dari lima Calon Kapolri yang telah diserahkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada, Presiden Joko Widodo.


Untuk diketahui, Listyo, merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon Maluku, pada 5 Mei 1969.


Ia dikenal dekat oleh, Presiden Jokowi, karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo.


Kedekatan Listyo dan Jokowi berlanjut ketika Jokowi menjadi Presiden. Pada 2014, Listyo pun menjadi Ajudan Jokowi.


Setelah tidak menjadi Ajudan Jokowi, Listyo menduduki sejumlah jabatan di Kepolisian yakni, Kapolda Banten pada 2016-2018 dan Kadiv Propam Polri pada 2018-2019, sebelum diangkat menjadi Kabareskrim.


Listyo, mulai menjabat sebagai Kabareskrim pada 6 Desember 2019, menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal Polisi Idham Azis, yang saat itu dilantik menjadi orang nomor satu di Korps Bhayangkara.


Beberapa peristiwa penting yang menjadi perhatian masyarakat selama masa kepemimpinan Listyo di Bareskrim, salah satunya adalah penangkapan terpidana kasus Bank Bali Djoko Tjandra, yang telah buron selama 11 tahun.


Ia juga membongkar praktik suap terkait pelarian Djoko Tjandra, yang ternyata melibatkan Kadiv Hubungan Internasional Polri, Irjen Napoleon Bonaparte dan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Prasetijo Utomo.

Komentar

Tampilkan

  • Listyo Sigit Prabowo, Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed