Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

OTG Tetap Bisa Terima Vaksin Covid-19

Detak Terkini
Senin, 18 Januari 2021, 10.25 WIB

 

Ilustrasi (pixabai.com)

Jakarta, Detakterkini.com - Juru Bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, seseorang yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19, tetap bisa diberi vaksin covid-19.


Siti mengatakan, orang yang akan menjalani vaksinasi tidak perlu Test Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) terlebih dahulu.


“Tetap vaksin saja, tidak harus periksa (tes swab dulu, red),” ujarnya.


Ia menjelaskan, bagi OTG yang terlanjur divaksin covid-19, tidak akan ada efek membahayakan yang akan diterima oleh yang bersangkutan.


Sementara, dalam Surat Keputusan (SK) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.02/4/1/2021 tentang Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, tidak disebutkan jelas apakah OTG bisa mendapat vaksin atau tidak.


“Tidak apa-apa (OTG dapat divaksin covid-19 dan tidak berefek buruk),” terangnya.


Menurutnya, penerima vaksin akan diperiksa riwayat kesehatan dan kondisinya sebelum vaksinasi, dengan menjawab beberapa pertanyaan serta pemeriksaan tekanan darah dan suhu tubuh.


Ia melanjutkan, skirining tersebut juga ditujukan untuk mengurangi risiko reaksi berat yang terjadi setelah penyuntikan vaksin ke dalam tubuh.


"Apabila seorang OTG lolos skrining, maka tetap akan diberi vaksin dan tidak memiliki efek berbahaya bagi yang bersangkutan," katanya.


Ia menjelaskan, antibodi dalam tubuh OTG, dinilai belum optimal dalam menghadapi virus covid-19, sehingga pemberian vaksin akan meminimalkan risiko penularan.


Seperti diketahui, mereka yang memiliki riwayat positif covid-19, wanita hamil dan menyusui, usia di bawah 18 tahun, serta beberapa kondisi komorbid, tidak bisa mendapatkan vaksin covid-19. 


Indonesia sudah mulai menjalankan vaksinasi nasional, di mana pemerintah telah membeli sebanyak tiga juta dosis vaksin sinovac buatan Cina.


"Kelompok prioritas penerima vaksin tersebut adalah penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 18 tahun, dengan sasaran berupa tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang, serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran, yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," tukasnya.

Komentar

Tampilkan

  • OTG Tetap Bisa Terima Vaksin Covid-19
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed