Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Pemberian Vaksin Covid-19, Kemenkes Gunakan Data KPU

Detak Terkini
Sabtu, 23 Januari 2021, 12.55 WIB
Ilustrasi (pixabay.com)


Jakarta, Detakterkini.com – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, berencana menggunakan Daftar Pemilih yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagai basis data pelaksanaan vaksinasi covid-19.


Rencana itu sebagai bukti bahwa ada kepercayaan publik terhadap sistem pendataan yang dilakukan KPU.


“Ini menunjukkan kepercayaan publik dan berbagai pihak, kepada sistem informasi yang disediakan KPU yaitu, Sidalih dan Sipol,” ujar Komisioner KPU, Hasyim Asyari, Sabtu (23/1/2021). 


Pengambilan data KPU, tidak terjadi saat ini saja, melainkan digunakan oleh pihak lain seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Birokrasi (KemenPAN-RB), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).


“Bawaslu sudah sering minta tolong KPU memeriksa nama-nama Calon Anggota Bawaslu Provinsi, Kabupaten atau Kota dan Panwaslu, Kecamatan atau Desa atau Kelurahan atau TPS di Sipol. KPU akan terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan kepemiluan berbasis IT, untuk keperluan kepemiluan ke depan,” imbuhnya.


Sebelumnya, Budi mengatakan, data Kemenkes tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Sehingga, pihaknya akan menggunakan data KPU sebagai basis data untuk vaksinasi covid-19.


Seperti diketahui, KPU baru saja menggelar Pilkada 2020, sehingga data yang ada masih akurat dengan kondisi masyarakat di daerah. 


“Saya akan perbaiki strategi vaksinasinya. Supaya tidak salah atau bagaimana. Saya sudah kapok, saya tidak mau lagi memakai data Kemenkes. Saya ambil datanya KPU. Sudahlah, itu KPU manual kemarin baru pemilihan (Pilkada), itu kayaknya yang paling current. Ambil data KPU base-nya untuk masyarakat,” tukasnya.

Komentar

Tampilkan

  • Pemberian Vaksin Covid-19, Kemenkes Gunakan Data KPU
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed