Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Percepatan Vaksin, Kunci Stabilisasi Perekonomian Negara

Detak Terkini
Sabtu, 30 Januari 2021, 17.16 WIB

Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka Pangestu. (Foto: Net)



Jakarta, Detakterkini.com – Wabah corona atau covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020, membuat banyak sektor mengalami kerugian, bahkan menyebabkan anjloknya perekonomian bangsa.


Untuk mengatasi wabah covid-19, Pemerintah Indonesia telah mendatangkan vaksin sebagai upaya menghilangkan wabah tersebut. 


Saat ini, Pemerintah Indonesia memasang target 70% pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat, sesudah pemberian vaksin kepada para petugas kesehatan. Diharapkan, pemberian vaksin ini segera dilaksanakan, agar perekonomian Indonesia bisa kembali stabil.


Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka Pangestu, mengungkapkan, kecepatan suatu negara dalam melakukan vaksinasi covid-19 menjadi salah satu penentu dalam memulihkan perekonomian bangsa.


“Faktor utamanya adalah terkait seberapa cepat negara melakukan vaksinasi terhadap masyarakatnya, dan herd immunity itu sekitar 70%,” ucap Mari, Sabtu (30/1/2021).


Ia menjelaskan, jika suatu negara hanya bisa melakukan vaksinasi covid-19 sebesar 10% dari populasi, makan akan mempengaruhi kontraksi di 2021.


Menurutnya, negara-negara maju berbondong-bodong mengamankan stok vaksin covid-19 mereka. Permasalahan ini ditambah dengan negara maju yang tidak mau membagikan dosis vaksin kepada negara berkembang.


“Ini big issues dan jadi pembahasan yang sangat kompleks. Tapi, saya rasa hampir semua negara melakukan restriksi untuk vaksin yang diproduksi, agar tidak keluar dari negaranya, sampai masyarakat di dalam negaranya itu sudah divaksin,” jelasnya.


Selain itu, Ia menekankan, negara dalam pemulihan ekonomi harus diiringi dengan pemulihan investasi. Ia memprediksi, butuh waktu tiga hingga lima tahun agar ekonomi bangkit kembali m


“Recovery atau pertumbuhan ekonomi tidak akan terjadi tanpa investasi. Terlepas dari stimulus fiskal, dan restart ekonomi. Ini adalah pertanyaan untuk seluruh dunia. Bagaimana menumbuhkan investasi, itu adalah pertanyaan besar," pungkasnya.


Terpisah, Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, menuturkan, pihaknya menargetkan 70% penerima vaksin akan selesai disuntik dalam waktu 12 bulan.


Sejauh ini, Indonesia diketahui telah berhasil mengamankan pasokan dari empat jenis vaksin yaitu Sinovac untuk 125 juta dosis, Pfizer untuk 50 juta dosis, AstraZeneca serta Novavax yang masing-masing juga diamankan 50 juta dosis.

Komentar

Tampilkan

  • Percepatan Vaksin, Kunci Stabilisasi Perekonomian Negara
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed