Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

PPKM Diperpanjang, Anggota DPR: Seluruh Wilayah Harus Karantina Total

Detak Terkini
Senin, 25 Januari 2021, 12.39 WIB
Anggota DPR Komis IX, Netty Prasetiani. (Foto: Ist)


Jakarta, Detakterkini.com -
Pemerintah Republik Indonesia melakukan perpanjangan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dibeberapa wilayah di Indonesia, hingga 8 Februari 2021. 


Namun, kebijakan tersebut belum sepenuhnya mampu menekan angka penyebaran covid-19 di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Anggota DPR Komis IX, Netty Prasetiani. 


Ia mengatakan, PPKM tersebut belum mampu menekan angka kasus covid-19 di Indonesia. Sehingga, pemerintah harus melakukan karantina total.


“Perpanjangan PPKM akan sulit menekan angka kasus, jika pemerintah tidak segera melakukan karantina wilayah secara penuh/PSBB total," ujar Netty, Senin (25/1/2021). 


Netty menilai, meski pemerintah mengatur pembatasan di perkantoran atau pusat perbelanjaan, namun kerumunan massa masih terjadi di banyak tempat. Menurutnya, tokoh serta pejabat publik juga belum mampu jadi contoh yang baik bagi masyarakat.


“Di pasar tradisional, antrean dalam pengurusan SIM/STNK, rumah makan, bahkan kegiatan perkumpulan di masyarakat masih berjalan tanpa protokol kesehatan,” ungkapnya.


Netty meminta, kepada pemerintah agar terus meningkatkan 3T (Testing, Tracing, Treatment) atau pengetesan, pelacakan, dan pengobatan, dan memasifkan edukasi 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan).


Selain itu, pemerintah harus meningkatkan kualitas dan kuantititas fasilitas layanan kesehatan untuk pasien covid-19, dan fokus anggaran yang ada.


“Fokuskan anggaran dan perhatian pada penanganan sektor kesehatan sebagai basis masalah. Saat ini, sudah banyak RS rujukan yang kekurangan fasilitas ruang perawatan, sehingga pasien harus mengantri dan lambat ditangani,” bebernya.


Netty memohon, kepada pemerintah agar menambah rumah sakit rujukan, maupun wisma mandiri yang terpantau penuh di beberapa daerah. Serta kurangnya Tenaga Kesehatan (Nakes) yang perlu perhatian khusus.


“Banyaknya Nakes yang telah meninggal, kelelahan, serta jadwal yang tidak lagi normal, seharusnya dijawab pemerintah dengan terobosan kebijakan yang afirmatif. Selain jumlahnya yang ditambah, pelindungan, dan dukungan anggaran yang maksimal juga harus dipenuhi,” tukasnya.

Komentar

Tampilkan

  • PPKM Diperpanjang, Anggota DPR: Seluruh Wilayah Harus Karantina Total
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed