Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Tingkat Kematian Tenaga Medis dan Kesehatan di Indonesia Akibat Covid-19 Menempati Urutan Tiga Dunia

Detak Terkini
Kamis, 28 Januari 2021, 18.01 WIB
Ilustrasi (net)


Jakarta, Detakterkini.com - Kematian Tenaga Medis dan Kesehatan di Indonesia semakin meningkat, dan disebut menjadi yang tertinggi di Asia dan nomor tiga terbesar di seluruh dunia. 


Hal itu disampaikan Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Adib Khumaidi, SpOT, berdasarkan perbandingan statistik testing dan populasi, pada Kamis (28/1/2021).


Menurun data Tim Mitigasi IDI, Tenaga Medis dan Kesehatan yang wafat akibat covid-19 sepanjang pandemi di Indonesia, berlangsung mulai Maret 2020 hingga pertengahan Januari 2021, telah mencapai 647 orang.


Data tersebut berdasarkan ringkasan Tim Mitigasi IDI dari Perusahaan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesidia (Patelki), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).


Adapun dari total 647 Tenaga Medis dan Kesehatan yang meninggal terdiri dari, 289 dokter (16 guru besar), 27 dokter gigi (3 guru besar), 221 perawat, 84 bidan, 11 apoteker, dan 15 tenaga laboratorium medik.


Sementara itu, dokter yang wafat terdiri dari, 161 dokter umum (4 guru besar), 123 dokter spesialis (12 guru besar), serta 5 residen. Di mana keseluruhannya berasal dari 26 IDI wilayah provinsi dan 116 IDI cabang kota/kabupaten.


dr. Adib menilai, tingginya kematian Tenaga Medis dan Kesehatan ini merupakan salah satu dampak dari akumulasi peningkatan aktivitas dan mobilitas yang terjadi belakangan ini.


“Meski angka positif covid-19 sudah lebih dari satu juta, namun Indonesia belum memasuki puncak pandemi,” terangnya.


Oleh karena itu, masyarakat diminta tetap patuh melakukan 5M yakni, Memakai masker dengan benar, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak aman minimal 1,5 meter, Menghindari kerumunan atau keramaian, dan Mengurangi mobilitas.



Berikut data Tenaga Medis dan Kesehatan yang wafat akibat covid-19, per 28 Januari 2021:



Komentar

Tampilkan

  • Tingkat Kematian Tenaga Medis dan Kesehatan di Indonesia Akibat Covid-19 Menempati Urutan Tiga Dunia
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed