Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Vaksinasi Mandiri, IDI: Dapat Mempercepat Target Vaksinasi Nasional

Detak Terkini
Selasa, 19 Januari 2021, 10.58 WIB

 

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, Detakterkini.comPemerintah Republik Indonesia (RI) mewacanakan pelaksanaan vaksinasi covid-19 secara mandiri.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Slamet Budiarto, mengatakan, pihaknya setuju dengan wacana pemerintah tersebut, karena dinilai dapat mempercepat target vaksinasi covid-19 secara nasional.

“Bisa mempercepat cakupan 70 persen penduduk, sehingga IDI mendukung,” ujarnya.

Slamet mengatakan, apabila waktu yang dibutuhkan pemerintah untuk mencapai 70 persen penduduk yang divaksinasi cukup lama, maka dengan vaksinasi secara mandiri diharap dapat  membantu memenuhi kuota penduduk yang harus divaksinasi.

"Sehingga, target mencapai kekebalan komunitas (herd immunity) bisa dicapai secepat-cepatnya. Jadi semakin cepat selesai (vaksinasi, red) semakin baik. Misalnya, ada 180 juta penduduk yang harus divaksin, jika selesai lebih cepat maka tak perlu booster (penguat), sehingga sudah bisa tercapai herd immunity,” terangnya.

Namun, atas wacana vaksinasi mandiri tersebut, Slamet, menyarankan agar pemerintah dapat mengendalikan harga vaksinasi mandiri.

“Seperti mengendalikan tes antigen/rapid/PCR. Bisa saja bisnis, tapi harus dikendalikan. Pemerintah harus menentukan batas atas vaksinasi mandiri,” tegasnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, rencana vaksinasi mendiri belum final, sehingga harus dimatangkan terlebih dahulu. Saat ini, pemerintah masih fokus terhadap pelaksanaan vaksinasi program pemerintah.

“Belum ada pembahasan lebih lanjut. Masih konsentrasi pada pelaksanaan vaksinasi pemerintah,” ungkapnya.

Pemerintah akan membuka opsi vaksinasi covid-19 secara mandiri oleh perusahaan kepada karyawannya, dan diizinkan membeli vaksin yang sesuai dengan rekomendasi WHO.

Komentar

Tampilkan

  • Vaksinasi Mandiri, IDI: Dapat Mempercepat Target Vaksinasi Nasional
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed