Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Kuliner

Iklan

Rencana Penurunan Status Cagar Alam Mutis Dibatalkan

Detak Terkini
Rabu, 24 Februari 2021, 14.23 WIB
 
Cagar Alam Mutis (Foto: Instagram@trijulandi_malay)

Timor, Detakterkini.com - Terkait rencana penurunan status Cagar Alam (CA) Mutis di Pulau Timor Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi Taman Nasional (TN) atau Taman Wisata Alam (TWA), akhirnya dibatalkan.


Hal ini disampaikan Anggota Komisi IV DPR RI, Yohanis Fransiskus Lema, melalui percakapan WhatsApp (WA) dengan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Ir. Wiratno, pada Senin (22/2/2021).


“Informasi pembatalan ini semakin dipertegas oleh penjelasan rinci dari Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTT, Bapak. Timbul Batubara. Perihal informasi pembatalan ini saya terima, setelah meneruskan rilis berita yang memuat sikap penolakan tegas saya terhadap wacana penurunan status CA Mutis,” ungkap Ansy. 


Ia menyampaikan, sejak pertengahan Januari 2021, pihaknya mengaku intens mendapat pengaduan dari Masyarakat Adat Suku Dawan sekitar CA Mutis, pegiat lingkungan hidup, serta para Diaspora NTT di Jakarta. 


Berdasarkan pengaduan itu, Ansy Lema, selalu menyuarakan hal tersebut secara langsung dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Menteri LHK, Siti Nurbaya, mulai Senin (1/2/2021), yang berujung pada pembatalan tersebut.


“Saya berterima kasih kepada jajaran Ditjen KSDAE dan BKSDA KLHK NTT yang telah bersikap responsif mendengarkan curahan nurani dan aspirasi rakyat. Terima kasih juga kepada penduduk Timor, Masyarakat Adat sekitar CA Mutis, pegiat lingkungan hidup, para Diaspora NTT di Jakarta, yang telah menyampaikan-mempercayakan aspirasinya untuk disuarakan,” terangnya.


Ansy menambahkan, tugas masyarakat adat dan seluruh orang yang mencintai CA Mutis, selanjutnya tidak gampang. Ia menegaskan, semua pihak harus meningkatkan pengawasan untuk mencegah perusakan hutan secara liar, melakukan regenerasi ekosistem, dan memperjuangkan perbaikan ekonomi masyarakat sekitar CA Mutis. 


“Filosofi Suku Dawan 'Aim he alakit pao hit pah hit bale fun hit pahe nok hit bale esan hao ma nasuskit', yang artinya 'Mari kita menjaga kelestarian alam, karena alam yang memberi kita makan dan menyusui kita',” tukas Ansy.

Komentar

Tampilkan

  • Rencana Penurunan Status Cagar Alam Mutis Dibatalkan
  • 0

Terkini di FEC Media

Topik Populer

Iklan Dalam Feed