Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Mantan Ajudan Jokowi Dapat Promosi Jabatan dan Mutasi TNI

Detak Terkini
Senin, 24 Januari 2022, 09.41 WIB
Foto: Ilustrasi personel TNI (dok Puspen TNI)


Jakarta, DetakTerkini.com - Dua ymantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni Brigjen Widi Prasetijono dan Kolonel Rudy Saladin mendapat promosi jabatan. Widi ditunjuk sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus dan Rudy sebagai Danrem 061/Surya Kencana.


Dengan masing-masing jabatan tersebut, kenaikan pangkat otomatis akan diterima dua mantan ajudan Jokowi itu. Seperti diketahui Danjen Kopassus merupakan jabatan jenderal TNI AD bintang dua (mayjen), dan Danrem 061/Surya Kencana adalah jabatan untuk jenderal TNI AD bintang satu.

"Betul," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Prantara Santosa mengutip dari detikcom, Minggu (23/1/2022).

Dia mengonfirmasi Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

SK tersebut diterbitkan Jumat (21/1). SK tersebut juga memuat keterangan mutasi Pangkostrad, yang akan diisi Mayjen Maruli Simanjuntak.

Ada 328 nama perwira tinggi dan perwira menengah dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara dalam mutasi itu.

Profil Brigjen Widi Prasetijo
Widi ditunjuk sebagai Danjen Kopassus menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa. Teguh dimutasi sebagai Pangdam XVII/Cendrawasih.

Lulusan Akmil Angkatan 1993 ditunjuk sebagai Danjen Kopassus setelah sekitar dua tahun menjadi Kasdam IV/Diponegoro. Di awal karir, Widi memang pernah dipercaya sebagai Danton Grup 2 Kopassus dan Kasi Logistik Grup 1 Kopassus.

Jenderal TNI AD yang lahir 4 Juni 1971 silam ini pernah menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta. Kala itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat Wali Kota Solo, sebelum akhirnya masuk kontestasi politik Pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

Di periode pertama kepemimpinan Jokowi, Widi mendapat tugas sebagai ajudan Jokowi. Dia lalu kembali ke Soloraya pada 2018 lalu dengan jabatan Danrem 074/Warastratama.

Danrem 074/Warastratama bertanggung jawab atas pertahan di kota-kota eks Karesidenan Surakarta, seperti Solo, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Klaten, Wonogiri, dan Boyolali.

Setahun di Korem 074/Warastratama, Widi dipindahtugaskan sebagai Danrem 091/Aji Surya Natakesuma, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), selama dua tahun, sejak 2018 hingga 2020.

Dia lalu kembali ke Jawa Tengah (Jateng) usai ditunjuk mengisi jabatan Kasdam IV/Diponegoro yang diembannya hingga saat ini. Terakhir, Widi ditunjuk sebagai Danjen Kopassus berdasarkan Surat Keputusn Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 yang diterbitkan pada Jumat, 21 Januari 2022, dan diteken Kepala Setum TNI, Brigjen Edy Rochmatullah.

Profil Kolonel Rudy Saladin
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa memutasi Brigjen TNI Achmad Fauzi dari jabatan Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana (Bogor). Sebagai gantinya, Andika menunjuk Kolonel Rudy Saladin, yang saat ini mengisi posisi Danrem 074/Warastratama (Surakarta).

Kolonel Rudy Saladin merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2019 hingga 2021 lalu. Rudy pernah menjadi Dandim 1008/Tanjung Tabalong.

Rudi juga pernah bertugas sebagai Sekretaris Pribadi Kepala Staf Angkatan Darat (Sespri KSAD). Pada 2017-2018, dia mengemban amanah sebagai Danbrigif 6/Trisakti Baladaya.

Setelah itu dia dimutasi sebagai Asops Kodam VI/Mulawarman (2018-2019). Dia lalu dipindahtugas sebagai ajudan Jokowi.

Sebelum ditunjuk sebagai Danrem Surya Kencana, Rudi dipercaya mengisi jabatan Danrem 074/Warastratama sejak tahun lalu.

Komentar

Tampilkan

  • Mantan Ajudan Jokowi Dapat Promosi Jabatan dan Mutasi TNI
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed