Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Penasihat Hukum Kaget Penetapan Status Tersangka Nurhayati

Detak Terkini
Selasa, 22 Februari 2022, 16.14 WIB

 

Ilustrasi jaksa. Dribble.com

Jakarta, DetakTerkini.com - Nurhayati, pelapor kasus korupsi dana desa yang jadi tersangka, ramai diperbincangkan. Dia adalah mantan Kepala Urusan Keuangan Desa Citemu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang mengungkap kasus kerugian negara sebesar Rp 800 juta dari 2018-2020.

Pensihat hukum Nurhayati, Elyasa Budiyanto, mengaku kaget dengan penetapan tersangka kliennya. Dia menjelaskan bahwa berdasarkan keterangan Nurhayati status tersangka itu adalah titipan Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon karena polisi sebenarnya tidak mau menetapkan dia sebagai tersangka.


“Tapi dari Kejari melaporkan bahwa itu adalah kewenangan kepolisian, jadi ini mereka saling lempar,” ujar Elyasa Senin, 21 Februari 2022 dikutip dari TEMPO.CO

Namun yang dia tahu Nurhayati dianggap melakukan tugas yang tidak sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) terkait dengan administrasi pemakaian Anggaran Pendapatan Belaja Desa (APBDes).

 “Padahal apa yang dilakukan si Nurhayati ini sudah sesuai dengan aturan itu,” kata Elyasa.

Sementara Nurhayati dalam video yang diunggah akun YouTube Oces Channel Mrs, mengungkapkan kekecewaanya dijadikan tersangka oleh aparat penegak hukum. Karena sebagai pelapor, dia hanya memberikan keterangan dan informasi mengenai dugaan kasus korupsi yang dilakukan oleh Kepala Desa Citemu, Supriyadi.

“Saya yang tidak mengerti hukum ini merasa janggal, karena pada akhir 2021 saya ditetapkan sebagai tersangka atas petunjuk dari Kejari,” ujar dia dalam video itu yang diunggah pada 16 Februari.

Nurhayati juga menjelaskan bahwa surat surat penetapan dirinya sebagai tersangka disampaikan lengsung oleh Kanit Tipikor Polres Cirebon. Menurut dia, Kanit Tipikor mengaku berat saat memberikan surat itu karena tahu betul peranannya dalam membongkar kasus korupsi di Desa Citemu.


“Tapi pihak kepolisian katanya ‘tidak bisa berbuat apa-apa, karena semua ini atas petunjuk dari Kejari’. Lantas apakah karena petunjuk dari Kejari saya bisa dijadikan tersangka?” tutur Nurhayati.

Dalam video berdurasi dua menit lima puluh satu detik itu juga dia mempertanyakan hak perlindungannya sebagai pelapor dan saksi. Menurutnya, dalam kasus korupsi yang dilakukan Kuwu Supriyadi di Desa Citemu, dirinya tidak sama sekali ikut menggunakan uang tersebut.

“Saya juga berani bersumpah kalau uang itu tidak pernah ke rumah saya satu detik pun, tidak pernah.”

Selain itu, dia juga mengaku kecewa, karena perjuangannya selama hampir dua tahun membongkar kasus tersebut mejadi sia-sia. “Saya sudah mengobankan waktu hingga tenaga, keluarga saya terutama anak yang juga menjadi korban karena saya fokus mengungkap kasus itu,” tutur Nurhayati.

Komentar

Tampilkan

  • Penasihat Hukum Kaget Penetapan Status Tersangka Nurhayati
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed