Simak,6 Obat Tetanus agar Infeksi Tidak Makin Parah!

- Selasa, 24 Januari 2023 | 14:39 WIB
Ilustrasi obat antibiotik.(Dok/health.grid.id)
Ilustrasi obat antibiotik.(Dok/health.grid.id)

Detakterkini.com-Obat tetanus digunakan untuk mengatasi gejala tetanus dan mencegah terjadinya komplikasi, seperti gagal napas. Selain pemberian obat-obatan, penderita tetanus juga perlu mendapatkan perawatan luka yang baik agar kuman penyebab tetanus tidak makin menyebar.

Tetanus merupakan kondisi medis serius akibat luka terbuka yang terinfeksi bakteri Clostridium tetani. Bakteri tersebut akan menyebarkan racun atau toksin yang menyerang saraf serta menyebabkan otot menjadi kaku dan tegang, terutama di bagian rahang sehingga penderitanya sulit membuka mulut.

6 Obat Tetanus agar Infeksi Tidak Makin Parah dikutip dari Aladokter.com

Baca Juga: Simak,5 Cara Mengatasi Sakit Perut Saat Haid yang Mudah dan Aman!

Bila tidak segera ditangani, tetanus dapat menimbulkan komplikasi serius, seperti sulit bernapas, pneumonia, irama jantung tidak normal, bahkan kematian. Oleh karena itu, penderita tetanus harus segera mendapatkan obat tetanus dari dokter dan menjalani perawatan yang tepat agar tidak membahayakan nyawanya.

Beragam Jenis Obat Tetanus
Pada dasarnya, berbagai obat tetanus diberikan guna mencegah perburukan gejala serta membunuh bakteri yang berasal dari luka. Selain itu, penanganan juga perlu disertai perawatan luka yang benar. Berbagai jenis obat tetanus yang dimaksud meliputi:

Baca Juga: Polri Kembali Gelar Hoegeng Awards, Ada Lima Ketegori

1. Antitetanus
Antitetanus atau tetanus imunoglobulin (TIG) merupakan salah satu jenis obat tetanus yang diberikan oleh dokter untuk penderita tetanus. Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan ke otot lengan untuk menetralkan racun yang beredar dalam tubuh dan mencegah kerusakan saraf yang lebih parah.

Apabila TIG tidak tersedia di fasilitas kesehatan, antitetanus serum (ATS) bisa menjadi alternatifnya. ATS diberikan melalui suntikan atau dengan infus, tetapi pemberiannya perlu diawasi dengan ketat oleh dokter untuk menilai ada atau tidaknya gejala alergi.

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada! 5 zodiak yang berpotensi terjebak pinjol

Senin, 6 Februari 2023 | 16:02 WIB

Berikut 5 Ramalan Zodiak Pria Paling Cemburuan

Senin, 6 Februari 2023 | 15:46 WIB

Inilah 4 Shio yang Takdir Kaya Sampai Tua

Senin, 6 Februari 2023 | 15:07 WIB

Renungan Hari Sabtu 11 Februari 2023

Senin, 6 Februari 2023 | 14:59 WIB

Beberapa Zodiak yang Khawatir Sama Masa Depan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:43 WIB
X