Baru Tahu, Ternyata Inilah 7 Bendera Nasional Tertua di Dunia!

- Rabu, 15 Februari 2023 | 11:39 WIB
Baru Tahu, Ternyata Inilah 7 Bendera Nasional Tertua di Dunia!
Baru Tahu, Ternyata Inilah 7 Bendera Nasional Tertua di Dunia!

Detakterkini.com- Sebagai warga negara Indonesia, kita sudah tahu bahwa bendera nasional negara ini berwarna merah putih yang digunakan sejak kemerdekaan hingga saat ini. Sama seperti Indonesia yang memiliki bendera nasional, negara-negara merdeka lain di dunia juga memiliki bendera nasionalnya masing-masing.

Beberapa negara memiliki latar belakang unik dalam menentukan pola dan warna bendera nasional mereka, ada pula yang sempat mengganti bendera negara mereka. Namun, ada juga negara-negara yang sudah memiliki bendera nasional sejak ratusan tahun lalu, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Melansir dari Idntimes.com, Rabu (15/02/23) Lalu, bendera nasional negara mana saja yang paling tua dan sejak kapan bendera tersebut diadopsi? Ini dia jawabannya yang dirangkum dari laman Oldest dan Patriot Wood.

Baca Juga: Polsek Soa Polres Ngada Peduli Pendidikan Generasi Muda

1. Denmark

 Bendera nasional Denmark dikenal sebagai 'Dannebrog' atau 'kain Denmark,' dengan desain salib putih dan latar belakang merah. Diperkirakan, bendera ini resmi digunakan pada tahun 1219 atau sebelumnya dan memegang Guinness World Record sebagai bendera nasional tertua yang masih digunakan.

Terdapat legenda menarik seputar bendera nasional Denmark. Menurut cerita, pasukan Denmark gagal dalam perang salib di Estonia, tetapi setelah berdoa kepada Tuhan, sebuah bendera jatuh dari langit. Setelah itu, bendera dengan latar merah dan salib putih digunakan di Denmark. Tidak ada catatan sejarah atau faktual untuk legenda ini.

2. Austria

Bendera Austria memiliki tiga garis horizontal dengan warna merah, putih, dan merah. Desain bendera nasional Austria didasarkan pada lambang dinasti Babenberg, dan pada awalnya bendera berwarna oranye-putih-biru, tetapi kemudian diganti menjadi merah-putih-merah.

Baca Juga: Padukan Teknologi dan Budaya ; Ini Fakta Taiwan Lantern Festival 2023

Menurut legenda, bendera itu ditemukan oleh Duke Leopold V of Austria sebagai akibat dari pertempurannya selama Pengepungan Acre (1189-1191). Akibat pertempuran sengit, mantel putihnya benar-benar berlumuran darah. Saat ia melepas ikat pinggang untuk melepas pakaian, kain di bawahnya sangat putih, memperlihatkan kombinasi warna merah-putih-merah.

Karena terpesona dengan pola ini, ia kemudian mengadopsi warna dan skema sebagai bendera Austria. Pola tersebut baru diadopsi secara resmi pada tahun 1230.

3. Skotlandia

Bendera Skotlandia yang juga dikenal sebagai Saltire atau St Andrew's Cross, merupakan salah satu bendera tertua di dunia berdasarkan legenda yang tersebar sejak tahun 832 M. Menurut legenda, Raja Angus Mac Fergus berdoa kepada Tuhan agar mendapatkan kemenangan melawan Angles, yang dipimpin oleh Ethelstan. Pada hari pertempuran, awan muncul membentuk salib diagonal putih di langit biru.

Baca Juga: Membangun Persaudaraan dalam Keberagaman Merupakan Komitmen 3 Pemimpin Umat

Halaman:

Editor: Maria H.R Waju

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X